Monday, October 3, 2016

Ekonomi Kepri Lambat, Didorong Kembangkan Potensi Maritim

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Monday, October 3, 2016    

Seorang petugas teller bank menghitung uang milik nasabah. foto: net
Sentranews.com,Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal II-2016. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra (11/8) mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau mencapai 5,4 persen pada kuartal II-2016, jauh lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 4,54 persen.

Sebelumnya  pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan I 2016 terus merosot hingga  mencapai 4,58%, lebih rendah dibanding pertumbuhan ekonomi nasional  2015 sebesar 6,02%. Semakin jauh dari pertumbuhan ekonomi Kepri rata-rata per tahun yaitu diatas 7%.

Bank Indonesia perwakilan Kepulaun Riau juga mencatat perekonomian Kepri sejak 2013 masih berada dalam tren perlambatan ekonomi. BI mengharapkan pemerintah daerah di Kepulauan Riau memberi perhatian kepada  industri pariwisata dan kemaritiman sebagai penyangga kelesuan ekonomi saat ini.


Di waktu dan tempat yang sama dengan Gusti Raizal Eka, Rokhmin Dahuri menyampaikan, bahwa potensi ekonomi maritim yang dimiliki Kepri  dapat diintegrasikan dengan industry di daratan. Seperti industri pengolah rumput laut. Selain itu potensi lautan juga dapat dijadikan industry pariwisata. (Bpos/red) 

Comments
0 Comments

0 comments :