Thursday, March 30, 2017

Anak-Mantu Seret Ibu dan Anaknya Ke Pengadilan. *Amih Setujui Berutang

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Thursday, March 30, 2017    

Redaksi, sentranews.com

Berawal dari utang piutang tahun 2001, Mak Amih yang sakit-sakitan digugat putri kandung Yani Suryani dan menantunya Handoyo Adianto ke Pengadilan Negeri Garut sebesar Rp 1,8 miliar.

Dalam gugatannya, Yani dan Handayono mengajukan tuntutan materil sebesar Rp 640 juta dan Inmateril Rp 1,2 miliar. Penggugat berdomisilih Taman Pulogebang Jakarta Timur.

Menghadapi tuntutan anaknya, Mak Amih yang bernama asli Siti Rokayah (85) menyerahkan kuasa kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk menyelesaikan. "Saya akan membayarnya" ungkap Bupati Purwakarta sembari memberi syarat perhitungan rasional.

Sejarahnya, pada tahun 2001 Mak Amih yang tinggal di Garut Kota ini mempunyai perhitungan dengan putrinya Yani sebesar Rp 20 juta.

Uang tersebut digunakan untuk penebusan utang Mak Amih kepada pihak ke tiga atas jaminan rumah Jl Ciledug nomor 196 Garut Kota.

Upaya mediasi pra persidangan buntu karena Yani anaknya ke-9 dari 13  bersaudara bertahan dibayar setengah dari tuntutannya, Rp 900 juta agar gugatannya dicabut. Namun hanya dapat disanggupi Mak Amih dan keluarga lainnya sebesar Rp 120 juta.

Mak Amih Setujui Berutang

Sebelum persidangan ke-7 (30/3) penggugat Handayono menyampaikan agar publik tidak membuat persepsi negatif yang ditujukan kepadanya dan istrinya atas gugatan mereka. "Terus lanjutkan" tegasnya

Kekehnya Handayono  menuntaskan persolan ini di jalur pengadilan guna menghindari perkelahian antar keluarga karena ada oknum yang berkeinginan untuk menjual rumah yang telah tertebus itu.

Handayono mempertanyakan sumber informasi utang yang menyebut hanya Rp 20 juta. "Buktinya. Nanti nanti akan terbuka -dipersidangan-, bukan Amih yang berutang,"  tegasnya.

Dia menyebutkan istrinya Yani telah mendapat tanda tangan persetujuan pengakuan utang Rp 41,5 juta dari ibunya Mak Amih pada Oktober 2016.

Dalam persidangan agenda penyampaian bukti-bukti ini, Mak Amih diwakili kuasa hukumnya dan anak-anaknya yang lain. Sedangkan penggugat hanya dihadiri menantu Handayono.

Hakim menilai bukti-bukti yang disampaikan penggugat dan tergugat masih perlu dilengkapi, sehingga sidang ditunda sampai 6/4 mendatang.

Demikian redaksi sentranews. com merangkum dari berbagai sumber persoalan gugatan anak dan mantu ke ibu kandungnya yang telah uzur . (Redaksi, sentranews.com)

Comments
0 Comments

0 comments :