Thursday, March 9, 2017

Icon Sumut, Black Tea from Sidamanik

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Thursday, March 9, 2017    

Sumut-Batam, sentranews.com

Cukup banyak icon yang dimiliki Sumatera Utara (Sumut) yang masih menunjukan eksistensinya diantaranya Teh Sidamanik, Mesjid Deli Medan dan Istana Maimun, Danau Toba, Pelabuhan Sibolga, Barus, dan lainnya. 

Mengapa teh sidamanik dikatakan icon Sumut? Perkebunan Teh Sidamanik memiliki sejarah panjang sejak masa Kolonial Belanda hingga saat ini, masih tetap terpelihara dan berproduksi.

Dalam perjalanan sejarahnya, kebanyakan rakyat dari pulau Jawa  diboyong Kolonial Belanda ke Sidamanik untuk dipekerjakan pada perkebunan Teh Sidamanik, yang terdiri dari perkebunan Bah Birung Ulu, Bah Butong, Sidamanik, dan Tobasari.

Dinamakan Teh Sidamanik karena sebelum pemekaran keempat lokasi tersebut berada di wilayah Kecamatan Sidamanik dan pabrik pengolahan pertamanya dibangun di Sidamanik.

Teh Sidamanik telah membawa nama Simalungun dan Sumut ke tingkat nasional dan internasional lewat produk teh hitam -black tea-nya.

Perkebunan Teh Sidamanik berdiri sejak 1917 oleh Nederland Hand Maskapai di masa Kolonial Belanda. Paska kemerdekaan, tahun 1957 diambil alih Indonesia dan dikelola Pusat Perkebunan Nasional Sumut tahun 1961. Terakhir, tahun 1996 sampai saat ini dikelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Persero.

Kini perkebunan teh Sidamanik telah menjadi objek wisata bah Bogor, bersama air terjun Bah Biak, mata air Simata Huting, dan Aek Manik. "Teh Sidamanik adalah icon Sumut" kata Nurdin Lubis masa menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Masyarakat Asal Sidamanik Pesta di Batam.

Masyarakat asal Sidamanik yang ada di Batam akan mengadakan Pesta Tahunan pada hari Minggu, 12 Maret 2017, dalam rangka mensyukuri terlewatinya tahun 2016 dan pelantikan pengurus 2017 - 2019 di balairung Pantai Melayu Barelang.

Asal Sidamanik ini menamakan dirinya HIMASIS KOTA BATAM, Himpunan Masyarakat Sidamanik dan Sekitarnya. Keanggotaannya adalah warga Batam asal Kecamatan Sidamanik, Pamatang Sidamanik dan Sekitarnya -Desa lain kecamatan yang berbatasan langsung-.

Ketua Umum, Sekjend, Penasehat dan Pembina, bersama Panitia menyepakati thema pesta tahunan 2017 ini adalah "Berdiri Kukuh" ; dengan harapan selain program rutin,  legal formal Himasis Kota Batam dan program ke eksternal terealisasi pada pengurus baru.

"Kita komitmen untuk itu" kata ketua umum bersama Sekjens terpilih, Frana Turnip dan Priston Silalahi di sekretariat Himasis Kota Batam. (Kata/Giro, sentranews.com)

Comments
0 Comments

0 comments :