Sunday, March 19, 2017

Menilik Hari Minggu Ala Batam

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Sunday, March 19, 2017    

Batam, sentranews.com

Batam masih tetap menunjukan keunikan dari kebiasaan masyarakatnya dalam menjalani masa liburan hari Minggu.

Komunitas orang Batak disibukkan dengan liburan pertemuan-pertemuan silaturahmi dalam paguyuban seleluhur dan sekampung asal. Bahkan pesta-pesta syukuran juga dilaksanakan hari Minggu.

Bukan hanya komunitas Batak, komunitas lainnya juga memilih hari Minggu sebagai ajang silaturahmi, pesta sukacita, dan arisan. Tidak ketinggalan juga,  hari libur menjadi kegiatan keagamaan oleh non Kristen.

Kegiatan-kegiatan lingkungan juga kebanyakan menjadikan hari Minggu sebagai pilihan untuk gotong royong dan pertemuan tokoh lingkungan.

Keunikan ini lebih dipengaruhi oleh ciri Batam sebagai Kota Industri, sehingga hari Minggu sebagai hari libur kerja menjadi hari yang terbaik dalam berinteraksi sosial.

Jika kegiatan-kegiatan itu tidak ada, keunikannya serasa tiada karena sama dengan kebiasaan daerah lainnya di indonesia.  Hari Minggu dijadikan waktu istirahat, melancong dan liburan keluarga serta silaturahmi ke rumah keluarga dan handaitaulan. Untuk yang Kristen dan Katolik menjalankan ibadah kebiasaannya.* (Priston, sentranews.com)

Photo salah satu paguyuban di Batam yang mengadakan pelantikan pada hari Minggu yaitu, Himasis Kota Batam.

Comments
0 Comments

0 comments :