Menitip Asa dan Perintah Kapolri Pada HUT Polda Kepri

Provinsi Kepulauan Riau sebagai daerah terluar berada di jalur pelayaran internasional, yang terdiri dari 2.408 pulau dengan luas daratan 9982,88 Km2 dan lautan 415.231,79 Km2 sangat membutuhkan perhatian Polda Kepri di hari ulang tahunnya (HUT) yang ke 12 pada 3/3 ini.


Upaya menangkal teroris Polda Kepri harus lebih sensitif terhadap informasi dan situasi, karena teroris telah mencoba memanfaatkan masyarakat menjadi sel-selnya. Bahkan sebagai daerah kepulauan, Kepri sangat terbuka peluang dijadikan teroris sebagai pintu masuk.


Sebagai wajah Indonesia terhadap negara luar dikawasan asia pasifik, Kepulauan Riau perlu dijaga stabilitas kondusifitasnya. Aman, nyaman, damai, dan adanya kepastian hukum.


Keamanan akan mendukung kenyamanan; adanya kenyaman akan tercipta kedamaian. Keterkaitan hal tersebut hanya akan tercapai jika adanya kepastian hukum. Sebagai keamanan dan pengayom, Polda Kepri harus tanggap terhadap laporan dan kejadian guna menghindari main hakim sendiri di tengah masyarakat.


Momen ulang tahun ke 12 Polda Kepri menjadi  terkhusus karena telah dihadiahi peningkatan tipe, tipe B ke tipe A pada 21/1 lalu. Ketika itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengintruksikan ke seluruh jajaran Polda Kepri dan di bawahnya agar  meningkatan kepercayaan publik guna memperkuat institusi Polri. "Harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," tegas Kapolri.


Selain itu, Kapolri juga menegaskan agar terciptanya keamanan guna mempercepat pembangunan Kepri;  dan membuat konsep pengembangan sarana dan prasarana insfrastuktur, berikut menejemen internal.


Menilai hasil pelaksanaan perintah Kapolri tersebut dalam 40 hari di ulang tahun Polda Kepri ke 12 pada 3 Maret ini, mungkin terlalu dini. Harapan, setidaknya Kapolda Kepri telah melakukan reformasi mental  dengan memberikan reward dan punishmen di seluruh jajarannya secara terbuka.


Selaku penegak hukum dan pelayan publik, hal itu perlu didengungkan setiap ulang tahun Polda Kepri maupun acara-acara penting lainnya; bahkan sedapat mungkin pada saat apel rutin.*

Sentranews.com mengucapkan
Selamat Ulang Tahun Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Polda Ke 12.
"Semoga Makin Dicintai Rakyat".

No comments

Powered by Blogger.