Menyimpang, Dinas Kominfo Batam Bak Badan

Batam, sentranews.com

Era otonomi saat ini cukup banyak ditemukan perubahan fungsi, arti dan penggunaan kata "Dinas", yang dilakukan oleh Kepala Daerah. Akibatnya, seolah menyimpang dari yang sepatutnya dengan dalil akibat dari peraturan di atasnya.

Hal itu terjadi salah satunya pada Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Batam. Sekretaris Dinas Kominfo Amir mengakui, saat ini Dinas Kominfo Batam seolah menjadi Badan Kominfo dalam penerapan fungsinya.

Selayaknya dalam ilmu pemerintahan penggunaan kata "Dinas" kepada suatu instansi telah menunjukkan pelayanan langsung dan tidak langsung kepada masyarakat. Namun itu tidak ditemukan pada Dinas Kominfo Batam.

Berbeda dengan Dinas, Badan lebih bersifat pelayanan tidak langsung "Seperti Badan Perencanaan Kota Batam dan Badan lainnya," sebut Amir di ruang kerjanya.

Menyikapi persoalan ini, Amir akan mempelajari lebih dalam tentang perubahan ini melalui aturan yang ada. Selain itu, Amir juga akan berupaya untuk sharing dengan pelaku bidang-bidang Komunikasi dan informasi sebagai bahan usulan ke Walikota Batam.

Juga, upaya itu dilakukan dalam rangka menjawab permintaan masyarakat maupun  Pemerintah Pusat. "Kita cukup sering diundang dan dipertanyakan  persoalan bidang tersebut. Contohnya mengenai tower, padahal kita tidak lagi mengurusinya," ungkapnya kepada sentranews.com.

Amir membantah jika ada yang menilai maksud dan tujuannya adalah perebutan kewenangan. "Bukan, kita mau tempatkan sesuai fungsi dan penggunaan Dinas dan Bidangnya," ujarnya. (Giro, sentranews.com)

No comments

Powered by Blogger.