Tuesday, March 21, 2017

PL 52 Ha Bergeser, Masyarakat Sei Ngayon Resah

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Tuesday, March 21, 2017    


Dalam hearing Komisi I DPRD Batam terungkap, bergesernya lahan PT Harmoni Mas menimbulkan keresahan di tengah masyarakat RW 12 Sei Ngayon Benkong, Batam yang berada di atas lahan 1 Ha dari 52 Ha PL Harmoni Mas.

Akibatnya masyarakat dilokasi merasa terusik dan mengadu ke DPRD Batam dengan menyampaikan dokumen pendukung bersama histori lahan tersebut.

Masyarakat dalam hearing mengungkapkan, terjadinya perubahan PL PT Harmoni Mas adalah penyebab tunggal permasalahan. Mereka meminta lahan seluas 1 Ha tidak dicaplok pihak investor dengan modus pergeseran batas kordinat.

Dikisahkan, bahwa lahan seluas 1 Ha  ditimbun atas swadaya masyarakat untuk mendirikan bangunan rumah.

Kegiatan tersebut diupayakan masyarakat setelah ada pengukuran dan kesepakatan antara masyarakat, PT Harmoni Mas, dan Badan Pengusahaan Batam bahwa lahan tersebut berada diluar PL Harmoni Mas.

PT. Harmoni Mas melalui Koordinator Pengamanan Udin Pelor mengakui, pemasangan tanda lahan oleh pihaknya dilakukan berdasarkan hasil ukur dan PL terbaru.

Komisi I DPRD Batam, Ruslan Ali Wasyim minta Harmoni Mas melengkapi dokumen lahan dan perubahan terakhir seluas 52 Ha untuk kepastian ke depan karena alokasi diterima 2003, namun belum dibangun sampai saat ini.

Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Maryanto menyimpulkan, akan dilakukan pengukuran ulang untuk penentuan batas dan Harmoni Mas tidak diminta tidak melanjutkan kegiatan diatas lahan 1 Ha.
"Menunggu kesepakatan selanjutnya diharapkan para pihak menjaga kondusifitas" kata Budi didampingi wakilnya Jurado Siburian. (Giro, sentranews.com)

Comments
0 Comments

0 comments :