Wednesday, March 8, 2017

Raja Salman Batal Tinggalkan Indonesia Hari Ini

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Wednesday, March 8, 2017    

Redaksi, sentranews.com

Melihat jejak Raja Arab Saudi, Raja Salman di Indonesia yang sebelumnya diagendakan berakhir hari ini 9/3 batal, karena diperpanjang sampai 12/3 untuk menikmati alam dan cuaca Bali Indonesia.

Menurut Raja Salman, alam dan cuaca Bali Indonesia stabil dan sangat menyatu dengannya. Perasaan Raja Salman tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Bali, Henky Widjaja yang diterima dari Duta Besar Arab. "Cuacanya cenderung stabil" kata Widjaja menirukan di kompas.com.

Wisata liburan Raja Salman ini terhitung sejak 4 Maret lalu setelah menjalankan tugas kenegaraan sebelumnya di Indonesia 1-4 Maret.

Sebelum Maret Raja Salman 4 hari telah berada di Malaysia dan beberapa jam ke Brunai pada 4 Maret lalu. Setelah menikmati alam Indonesia hingga 12/3 Raja Salman direncanakan melanjutkan perjalanan ke Jepang dan Cina.

Hasil Perjalanan Dinas.
Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi menandatangani 11 nota kesepahaman (mutual of understanding-MoU) bidang ekonomi; diantaranya pembiayaan proyek pembangunan,  kerjasama usaha kecil dan menengah (UKM), kelautan dan perikanan, dan bidang perdagangan.

Kerjasama UKM diantaranya pertukaran informasi dan tenaga ahli,  fasilitasi peningkatan kualitas produk dan daya saing, dan pelatihan vokasial dan menejerial. Selain itu fasilitasi kerja sama UKM dan dukungan akses pasar antar dua negara.

Bidang kelautan dan perikanan disepakati pembangunan kelautan perikanan, keamanan pangan dan karantina ikan, promosi dan pemasaran produk perikanan, pengelolaan dan konservasi sumber daya laut pesisir, penelitian terapan bersama pelatihan teknis, dan pertukaran informasi.

Adapun kerjasama bidang perdagangan adalah mengembangkan strategi perdagangan luar negeri, riset pemasaran, joint activities dan joint course perdagangan, serta pertukaran informasi.

Sedangkan bidang pembiayaan dan pembangunan akan mengarah kepada insfrastruktur, pembangkit listrik,  pertambangan, dan lainnya.

Sebelum Raja Salman tiba di Indonesia, Duta Besar Arab untuk Indonesia Osama bin Mohammed Al Shuaibi sebagaimana dilansir kompas.com mengungkapkan hasil kerjasama bilateralnya Arab Saudi akan berinvestasi yang cukup banyak di Indonesia.

Bidang kerjasamanya terkait  insfrastuktur, keamanan, terkait islam, budaya, pendidikan, perdagangan, penerbangan sipil, perikanan, pertanian, dan UKM. Termasuk pariwisata dan power plant. (Giro, sentranews.com)

Comments
0 Comments

0 comments :