Berebut Bandara Hang Nadim Batam

Badan Pengusahaan Batam sangat mendukung diakuisinya pengelolaan pelabuhan laut Batam oleh Kementerian Perhubungan ke Pelindo II,  tetapi tidak dengan Bandara Hang Nadim ke Angkasa Pura.
Sesuai berita yang dilansir  sentranews.com, loses dari peluang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pelabuhan laut Batam mencapai Rp 1,7 triliun.

Kejadian itu tidak menimpa Bandara Hangnadim Batam (BHB). BP Batam selaku pengelola BHB tidak merasa ada loses dari peluang yang ada dan mampu mengelola dengan baik, sehingga pengelolaan patut dipertahankan.

BHB berhasil mencapai pendapatan sebesar Rp 100 miliar sampai Rp 149 miliar per tahun. Tahun 2013 dibukukan Rp 100 miliar, 2014 tercatat 110 miliar, dan terakhir 2015 dibukukan pendapatan Rp 149 miliar. Pendapatan tersebut diungkapkan Pemimpin Umum Badan Usaha BHB, Suwarso akhir september 2016 lalu.

Selain itu, sebut Suwarso, tingkat lalulintas penumpang BHB terus meningkat setiap tahun. Tahun 2014 sebanyak 4,77 juta penumpang dan 2015 mencapai 5,03 juta jiwa (sedangkan 2016 sudah 6,1 juta penumpang dan 6,7 juta target 2017-red).

Berdasarkan data tersebut, Suwarso menegaskan BP Batam masih mampu mengelola dan tidak akan mengijinkan BHB diakuisisi oleh Angkasa Pura atau lainnya. Akuisisi akan dipertimbangkan jika seluruh terkait BHB dialihkan pengelolaannya seperti lahan, terminal, dan lainnya.

Suwarso mengakui pernah mengembalikan proposal Angkasa Pura II karena Angkasa Pura mengajukan hanya untuk pengelolaan terminal BHB, tidak serta kebandarudaraan lainnya.
Sebelumnya di minggu yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan segera mengakuisisi pengelolaan bandara yang lalulintas orangnya mencapai 1 juta orang ke Angkasa Pura.

Tujuan akuisisi tanpa pandang bulu itu, sebut Budi Karya, untuk mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk biaya operasional bandara dan pengelolaannya.
Menindak lanjuti perkembangan program akuisisi BHB tahun 2017 ini oleh Kementerian Perhubungan ke Angkasa Pura II, sampai berita ini diturunkan, BP Batam belum bersedia memberikan keterangan.

(B.pos/Giro, sentranews.com)

Photo, Bandara Hangnadim Batam (BHB).

No comments

Powered by Blogger.