Wednesday, April 26, 2017

Pelabuhan Batam Loses Rp 1,7 T Bakal Diakuisisi Pelindo II

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Wednesday, April 26, 2017    


Tahun ini Pelindo II berencana mengakuisisi sejumlah pelabuhan laut milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan di Indonesia, termasuk Pelabuhan yang di kelola BP Batam.
Selain di Batam, Pelabuhan Sintete Kalimantan Barat, Tanjung Batu Kalimantan Timur dan Linau di Kaur Bengkulu juga menjadi incaran akuisisi prioritas Pelindo II. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Massya.

Sistem pengelolaan pelabuhan yang diakusisi Pelindo II ada 2 kemungkinan, sewa aset atau bagi hasil (reveneu sharing).

Untuk akuisi pelabuhan laut di Batam,  Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Hatanto Reksodipoetro mengatakan, BP Batam mendukung akuisisi karena pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari pelabuhan laut jauh di bawah peluang.

Menurutnya, peluang pendapatan seharusnya mencapai Rp 1 triliun sampai Rp 2 triliun. Terealisasi hanya Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar per tahun.

Sebagai Informasi, Pelabuhan laut milik Kementerian Perhubungan yang dikelola BP Batam, ungkap Hatanto, panjang dermaganya tahun 2017 ini mencapai 600 meter  berdaya tampung 2 juta TEUs (peti kemas 20 kaki).

Sampai berita ini diturunkan, BP Batam belum bersedia memberi keterangan lebih lanjut latar belakang losesnya peluang PNBP dari pelabuhan laut Batam mencapai Rp 1,7 triliun per tahun dan mengenai rencana akuisisi tahun ini. 
(Kompas.com/Giro, sentranews.com)

Photo, Pelabuhan Bongkar Muat Batu Ampar Batam yang dikelola BP Batam

Comments
0 Comments

0 comments :