Kesepakatan, Komite Sekolah SMPN 11 Terbentuk

Komite Sekolah SMP Negeri 11 Batu Aji Batam terbentuk (23/5) berdasarkan kesepakatan, setelah 9 tahun kepengurusan lama berjalan baik dan langgeng tanpa pemilihan ulang.
Kepala Sekolah SMP Negeri 11 Sargono mengatakan, pembentukan Komite Sekolah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 75 tahun 2016, yg terdiri dari unsur orang tua wali murid maksimal 50%, ahli pendidikan maksimal 30%, dan tokoh masyarakat maksimal 30%.
Semua unsur anggota komite harus peduli pendidikan minimal 5 orang dan maksimal 15 orang. Syaratnya tidak boleh anggota partai, anggota DPRD, ANS bidang Pendidikan, penyelenggara dan pendidik juga tenaga kependidikan sekolah bersangkutan, dan forum kordinasi pimpinanan daerah, serta aparat pemerintah kelurahan.
Pengurus dipilih dari anggota tidak boleh merangkap di Komite Sekolah yang lain. "Komite mendukung pengembangan pendidikan agar berkualitas dan tersedianya penunjang (SMPN 11-red) sesuai aturan," harap Sargono.
Mantan Ketua Komite SMP Negeri 11 Jhonson Siregar meminta pengurus baru harus lebih baik dari kepengurusannya. "Sebagai mitra sekolah harus bijak dalam menyikapi permasalahan tanpa pandang bulu. Krediblelitas itu penting" terangnya.
Anggota Komite Simson Sigiro mengharapkan, pengurus terpilih harus menjalankan organisasi Komite Sekolah dengan baik karena fungsi dan tugas Komite sangat menantang, yang diatur Permendiknas. "Pengurus harus mengaktifkan peran dan melibatkan anggota dalam segala hal yang membawakan atas nama Komite," pintanya.
Menunggu adanya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Pengurus Komite Sekolah SMP Negeri 11 dilakukan dengan penunjukan dan kesepakatan dalam rapat.
Disepakati sebagai Ketua Ramli, sedangkan  Sekretaris dan Bendahara berasal dari penyelenggara pendidikan swasta dan tokoh masyarakat. Ramli berharap bahu-membahu sesama anggota dalam menjalankan roda organisasi Komite untuk kemajuan pendidikan.
Sebelumnya Kepala Sekolah SMP Negeri 11 telah meminta kesediaan para orang tua wali murid untuk menghadiri pembentukan Komite Sekolah dengan sistem perwakilan, 2 orang per kelas.(red)
Photo: searah jarum jam Ramli, Sargono, dan Johnson.

No comments

Powered by Blogger.