Saturday, June 24, 2017

Pilwagub Kepri, Jumaga dan Surya Makmur Bungkam

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Saturday, June 24, 2017    


Panitia Khusus Pemilihan Wakil Gubernur Kepri yang telah diagendakan 20 Juni lalu seharusnya telah menyampaikan dan pengesahan  Tata Tertib,  sekaligus pembentukan Panitia Pemilihan  tidak dilaksanakan.

Atas masalah tersebut dan hal-hal terkait, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dan Ketua Pansus Surya Makmur Nasution tidak bersedia dimintai keterangan.

Hal-hal terkait, kebungkaman Jumaga dan Surya Makmur tersebut diantaranya mengenai calon yang telah diajukan Gubernur ke DPRD Kepri, persyaratan calon, dan akibat yang akan timbul jika salah satu atau kedua calon tidak memenuhi persyaratan.

Tragisnya, menurut informasi yang dihimpun sentranews.com, DPRD Kepri maupun Pansus berupaya untuk tidak mengindahkan calon yang telah diajukan Gubernur dan akan membuat penjaringan calon yang baru.

Sebelumnya Ketua Panitia Khusus (Pansus) Surya Makmur kepada berbagai media yang dihimpun sentranews.com menjelaskan, tanggal 20 Juni 2017 pengesahan Tata Tertib (Tatib) dan pembentukan Panitia Pemiihan (Panlih) Pemilihan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Pilwagub Kepri), yang sebelumnya Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dan Husnizar Hood meminta selesai 31 Mei lalu.

Surya menjelaskan, Tatib yang telah disepakati Pansus diantaranya calon  menggunakan nomor urut, menyampaikan pokok pikiran sesuai visi misi Gubernur, tidak ada interupsi saat penyampaian pokok calon, sistem pemilihan voting tertutup.

Selain itu, Panlih yang akan dibentuk diberi kewenangan memverifikasi, menetapkan calon, dan menyelenggarakan Pilwagub sesuai Tatib. Panlih  melaporkan kinerjanya kepada Pansus.

Diungkapkannya, Tatib yang dihasilkan Pansus akan kembali dikonsultasikan dengan mendagri RI sebelum di paripurnakan DPRD Kepri.

Photo, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak

Comments
0 Comments

0 comments :