SD-SMP, Kelulusan dan Penerimaan Murid Baru di Batam

Pengumuman kelulusan hari ini berlangsung dengan cara masing-masing sekolah. SD Negeri 001 dan 004 Batu Aji diberikan amplop  berisi tulisan lulus dan tidak lulus, yang diterima orang tua wali murid.
Kedua SD Negeri Batu Aji itu mengharuskan orang tua wali murid yang mengambil pengumuman guna mengantisipasi kebiasaan buruk anak-anak sekolah di zaman ini, berupa coret-coret baju dan lainnya.
Kepala sekolah SD 04 Batu Aji Sufriadi  mengakui, adanya penurunan nilai kelulusan secara menyeluruh di Batam. Tidak jarang nilai anak sehari-harinya dan nilai semesternya tinggi, tetapi saat ujian akhir perolehannya menurun tajam.
Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, seperti beban saat ujian dan persoalan dari luar sekolah. Dia mengharap para orang tua tidak serta merta menyalahkan anak didik.
"Orang tua harus berperan dan peduli terhadap perkembangan anak. Minimal dengan mendampingi belajar di rumah. Jangan bebankan sepenuhnya kepada sekolah," pinta Sufriadi.
Hal lain yang menjadi perenungan bagi orang tua, bahwa pendidikan dan nilai yang tinggi tidak berbanding lurus dengan kesuksesan (kekayaan) dan jabatan. "Banyak yang pandai tapi tidak pintar," terangnya.
Penerimaan Siswa Baru
Ditempat terpisah, Kepala Sekolah SD 001 Batu Aji Yanuar menyatakan, penerimaan siswa baru tahun ini berdasarkan usia anak secara online.
Usia yang diperbolehkan mendaftar adalah minimal 6 tahun per Juli 2017, dan yang wajib diterima adalah usia 7 - 12 tahun. "Rangkingnya berdasarkan usia, bukan prestasi dan kemampuan baca tulis," jelas Yanuar.
Berbeda dengan penerimaan anak didik SMP. Kepala sekolah SMP Negeri 11 Batu Aji Sargono mengatakan penerimaan murid baru reguler tingkat SMP Negeri dilakukan secara serempak berdasarkan rangkinh nilai ujian akhir SD.
Penerimaan dilakukan secara online dan atau mendaftarkan langsung ke sekolah SMP tujuan, diluar sekolah unggulan. "Kita mengharapkan pengertian dari segenap orang tua siswa agar tidak memaksakan anak yang nilainya dibawah standar," pinta Sargono.
Sebagai informasi, pendaftaran sekolah negeri reguler SD dan SMP mulai 3 - 5 juli 2017. Pengumuman 6 juli dan daftar ulang 7-8 Juli 2017, sedangkan masuk sekolah pada 17 juli 2017. "Pengadaan pakaian anak didik dari sekolah ditiadakan tahun ini," ungkapnya.
(Giro, sentranews.com)
Photo, model pengumuman kelulusan di SD 004 Batu Aji

No comments

Powered by Blogger.