Takut Digulingkan, Nurdin "Jurus Mabuk" di Pilwagub

Kepri, sentranews.com

Informasi beredar dikalangan politisi Kepri, Gubernur Kepri Nurdin Basirun sengaja memperlambat pengisian wakilnya. Bahkan,  seandainya dibenarkan, dia berkeinginan tidak memiliki wakil.

Selain itu, dikabarkan Nurdin Basirun tidak menginginkan dua calon yang telah diajukannya ke DPRD Kepri karena dihantui ketakutan akan digulingkan lewat kasus-kasusnya yang tersiar sebelum menjadi Gubernur Kepri.

Untuk mencapai tujuannya, Nurdin Basirun melakukan politik "jurus mabuk" yang tidak tentu arah dan kepastian dalam mengisi calon wakilnya.

Hal itu disampaikan mantan anggota DPRD Kepri Wirya Putra Silalahi. Kecurigaan itu dikarenakan terlihatnya ketidakseriusan Nurdin Basirun melakukan lobi politik untuk mengisi wakilnya dengan pemenuhan syarat calon sesuai aturan perundangan.

"Meski cacat, bola panas itu -calon wagub- sengaja dilemparkan ke DPRD Kepri agar dia tidak dipersalahkan masyarakat," ungkap Wirya.

Terbentuknya Panitia Khusus Pemilihan Wakil Gubernur Kepri (Pansus Pilwagub Kepri), menurut informasinya telah menggugurkan calon yang diajukan Gubernur sebelumnya. 

Jika itu benar, menurut Wirya,  "jurus mabuk" Nurdin berhasil sesuai keinginannya untuk memperlambat adanya wakil Gubernur. "Otomatis akan kembali proses awal sesuai tata tertib yang dibuat DPRD Kepri," terangnya.

Mulai penjaringan kembali calon, pengajuan ke DPRD, verifikasi calon, penetapan calon, pemilihan, penetapan hasil pemilihan, pengajuan pelantikan, dan pelantikan.

"Maaf! Faktor utama lainnya diperlambat, saya menduga ada benarnya bahwa ketakutan Nurdin Basirun di gulingkan dari jabatan setelah terisi Wakil Gubernur," ungkapnya kepada sentranews.com. Kalau tidak ada desakan, menurut Wirya, kemungkinan Wakil Gubernur terisi tahun 2018.

Sebelumnya, minggu kedua awal Mei lalu media melansir Nurdin Basirun menyatakan kesenangannya menjalankan roda pemerintahan provinsi Kepri tanpa wakil. "Saya sendiri belum pernah merasa sulit (jalan sendiri-red)," kata Nurdin.

(Giro, sentranews.com)

Photo, Wirya Putra

No comments

Powered by Blogger.