Wednesday, September 27, 2017

Kiprah Jakob di Pers, Kerendahan Hati Membangkitkan

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Wednesday, September 27, 2017    

Jakarta, sentranews.com.

Jakop Oetama adalah seorang tokoh pers nasional yang masih berkarya sejak orde lama sampai saat ini. Kerendahan hati membangkitkannya untuk menghadapi tantangan, bertahan dan berbuah seperti sekarang.

Jakop terlahir tanggal hari ini, 27 September 1931, usia salah satu pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama genap sudah 86. Jakob memulai karir pertama sebagai guru. Dari seorang guru, dia akhirnya menjadi sosok penting dalam kancah jurnalisme Indonesia. 

Kompas.com- melansir, Jakop mencurahkan ragam pandangan dan gagasannya tentang jurnalisme dan menjadi wartawan disampaikannya secara lisan dalam sejumlah kesempatan saat berinteraksi dengan wartawan-wartawannya.

Dalam perjalanan membesarkan Intisaridan Kompas, Jakob Oetama dan PK Ojong berbagi tugas. Jakob mengurusi editorial, sementara Ojong bisnis.

Situasi menjadi tidak mudah bagi Jakob setelah 15 tahun kebersamaannya dengan Ojong membangun Kompas, Ojong meninggal mendadak  tahun 1980.

Kepergian Ojong meninggalkan beban berat. Beban itu tiba-tiba terpikul di pundak Jakob. Tadinya konsentrasi  mengurusi bidang redaksional, ia "dipaksa" situasi untuk mengurusi aspek bisnis.

Jakob mengenang, "Saya harus tahu bisnis. Dengan rendah hati, saya akui pengetahuan saya soal manajemen bisnis, nol! Tapi saya merasa ada modal, bisa ngemong! Kelebihan saya adalah saya tahu diri tidak tahu bisnis."

Kerendahan hati bahwa ia tidak tahu bisnis itulah yang kemudian mengembangkan Grup Kompas Gramedia menjadi sebesar sekarang.

Kerendahan hati ini pula yang membuatnya tidak merasa jemawa atas apa yang dicapainya. Ia tidak pernah merasa kaya di antara di antara orang miskin, juga tidak merasa miskin di antara orang kaya.

Managemen dan tim sentranews.com mengucapkan selamat ulang tahun Bapak Jakob Oetama yang ke 86. Semoga sehat selalu, jejak dan karyamu memotivasi kami dan generasi pers Indonesia. 

(Giro, sentranews.com)

Photo, Jakob Oetama 2016

Comments
0 Comments

0 comments :