Memantau Realisasi Janji JR di Jalan Sidamanik

Simalungun, sentranews.com.
Masyarakat Sidamanik dan Pamatang Sidamanik masih melek memantau pernyataan Bupati Simalungun, yang berjanji akan melakukan perbaikan, pemeliharaan dan peningkatan jalan Kabupaten dari perbatasan Kota Pematang Siantar sampai Sait Buttu.

Beberapa waktu lalu Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih (JR) akan menyanggupi pernyataannya dalam dua tahap dalam dua tahun anggaran sepanjang 16 KM.
Tahun anggaran 2017 ini disanggupi 6-8 KM dari perbatasan Kota Pematang Siantar. Sisanya sepanjang 8-10 KM direalisasikan tahun 2018 pada APBD murni.

"Kita akan selesaikan jalan ini yang pertama sepanjang 6 hingga 8 kilometer, yang sisanya akan dikerjakan di awal 2018," bebernya saat di Sidamanik (20/8) pada laman Pemkab Simalungun. "Perbaikan jalan di tahap pertama ini memakan waktu 40 hari. Pengerjaan dimulai Selasa (28/8)," tambahnya.

Menurut JR, kesanggupan tersebut dikarenakan desakan warga net dan kepuasan  masyarakat.
Informasi yang dihimpun sentranews.com, Pemkab Simalungun masih memulai pemeliharaan ringan bahu jalan diperbatasan Kota Pematang Siantar. Informasi lainnya, jalan Jorlang Huluan Pamatang Sidamanik juga sangat memprihatinkan.
Apresiasi dan Kritik

Melihat perkembangan tersebut, Sekretaris Jenderal Permasis Indonesia (Perkumpulan Masyarakat Sidamanik Sekitarnya) Priston Silalahi mengapresiasi aksi masyarakat dan reaksi Pemkab Simalungun.

Permasis Indonesia meminta agar Bupati Simalungun merealisasikan secara serius kesanggupannya. "Kita akan pantau terus. Pembangunan dan pemeliharaan drainase dan jalan sebaiknya harus sejalan," pintanya.

Pernyataan JR sangat disesalkan Priston. "Pola kerja Bupati perlu dirubah. Mulai dari revolusi mental dan kinerja," harapnya. Bupati dalam membangun dan pemeliharaan insfrastruktur tidak harus dikarenakan desakan dan pemuas. Harusnya berdasarkan kebutuhan dan perencanaan.

"Jalan Sidamanik itu sudah seharusnya terpelihara dari sisi kriteria dan fungsinya. Ada tidaknya kepentingan pribadi penguasa dan partai di tempat itu," tegas mantan Gubernur Mahasiswa FIK Unika St Thomas Medan ini.
(Hata/Giro/red, sentranews.com)

Photo, kondisi jalan Sidamanik

No comments

Powered by Blogger.