Thursday, October 5, 2017

FBI Dilibatkan Ungkap E-KTP

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Thursday, October 5, 2017    

Jakarta, sentranews.com
KPK akhirnya melibatkan FBI mengungkap kasus korupsi E-KTP Indonesia yang berkaitan data di Amerika Serikat dengan model kerjasama.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan telah bekerja sama dengan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (Federal Bureau of Investigation-FBI) untuk pengumpulan bukti-bukti terkait kasus KTP-e yang berada di Amerika Serikat (AS).

KPK, sebut Febri, menemukan ada indikasi aliran dana kepada sejumlah pejabat di Indonesia. KPK akan terus berkoordinasi dengan FBI terkait dengan pengumpulan bukti-bukti dalam penanganan perkara E-KTP.

Sebagian buktinya sudah  sedang diproses di peradilan di Amerika Serikat. Apa yang sudah terungkap pada persidangan di Amerika Serikat akan didalami lebih lanjut oleh KPK.

Di peradilan Amerikat Serikat ada tuntutan hukum terkait dengan sejumlah kekayaan yang diduga berasal dari kejahatan atau yang diduga ada kejahatan lintas negara oleh pejabat-pejabat Indonesia yang ada terkait dengan indikasi korupsi E-KTP.

"Bukti dan kerja sama dari FBI itu menjadi salah satu faktor yang semakin memperkuat penanganan kasus E-KTP yang kami lakukan," ucap Febri.

Dilansir antara juga, pengumpulan bukti diduga terkait Johannes Marliem yang mempunyai rekaman proses pembahasan proyek e-KTP, termasuk dengan Ketua DPR RI Setya Novanto yang saat itu menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar yang totalnya ratusan gigabyte (GB).

Johannes Marliem diketahui sudah meninggal dunia di kediamannya di Los Angeles, AS pada Agustus lalu. Tadinya Johannes disiapkan KPK untuk menjadi saksi dalam kasus E-KTP.

(giro)

Comments
0 Comments

0 comments :