Skenario Gubernur Nurdin Tamat 7 November

Skenario yang dimainkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun untuk menentukan Wakilnya menyita waktu dua tahun APBD berjalan akan tamat 7 November tahun ini.
 
"Entah bagaimanapun caranya Gubernur berkoordinasi dengan Partai Pengusung. Yang pasti nama itu harus diajukan kembali sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan Panlih (Panitia Pemilihan-red)," tegas Ketua DPRD Kepri di Kantor DPRD Kepri (23/10/2017) kepada Pers.

Jumaga Nadeak, mengaku sudah mengembalikan dokumen administrasi bakal calon Wakil Gubernur yang gugur, Agus Wibowo pada 19/10/2017 lalu kepada Gubernur. Juga, dalam waktu yang sama menyurati Guberur agar mengusulkan kembali satu nama bakal Cawagub Kepri paling lambat hari selasa 7 November tahun ini.

Ia berharap, Nurdin Basirun segera mengakhiri Kepala Daerah tanpa wakil yang telah berlangsung 17 bulan di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sejak 25 Mei 2016 lalu. "...secepatnya. Karena, daerah ini (Provinsi Kepri, red) masih membutuhkan Wakil Gubernur," pinta Jumaga.

Diwaktu dan tempat yang berbeda, Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Kepri Hotman Hutapea menyatakan, Panlih akan memplenokan dan konsultasi dengan Kemendagri jika tidak ada niat baik Gubernur Kepri menjalankan undang-undang Pemilihan Kepala Daerah, yaitu mengajukan calon Wakilnya dari tenggang waktu yang diberikan.

" Contoh, kalau keputusan Pleno Panlih menyatakan akan dilanjutkan dengan satu nama, maka kami akan konsultasi dan bertanya ke Mendagri, bagaimana tanggapannya," paparnya kepada pers 27/10/2017 lalu.

Hotman mengakui, Tata Tertib tidak mengatur calon tunggal sehingga perlu direvisi sesuai UU setelah konsultasi dengan Kemendagri.

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, mengaku belum menetapkan dan menentukan siapa calon Wakil Gubernur yang akan diajukan menggantikan Agus Wibowo karena belum melakukan pertemuan dengan 5 parpol pengusung. "Nanti lah duduk dulu dengan teman-teman parpol yang lain," jelas Nurdin kepada Pers.

Di sisi lain salah satu bakal calon, Rini Fitrianti yang pernah diajukan Parpol Nasdem ke Gubernur Kepri masih memainkan manuver dengan berkeyakinan akan dicalonkan kembali pengganti Agus Wibowo. Partai Nasdem diketuai oleh Gubernur Nurdin Basirun.

Tidak hanya dicalonkan, tetapi berkeyakinan akan menang. Ia akan tetap berusaha melobi semua partai pengusung untuk mendapatkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat utama pencalonan
Hal itu disampaikan Rini pada Peringatan Hari Jadi ke-15 Provinsi Kepri di Gedung DPRD Kepri 25/9/2017 lalu, sebelum Panlih menyatakan Agus Wibowo gugur dari pencalonan pada 17/10/2017.

Informasi terkini, para calon gagal teman Rini yang berniat mencalonkan kembali juga telah mulai melakukan lobi-lobi, seperti Fauzi Bahar dan Mustofa Widjaja.
(Giro)

No comments

Powered by Blogger.