Thursday, October 12, 2017

Trilateral Air Patrol Jamin Keamanan Laut Sulu.

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Thursday, October 12, 2017    

sentranews.com.

Tiga negara bersepakat menjaga keamanan Laut Sulu dalam Trilateral Air Patrol, yang diselenggarakan di Air Force Base, Subang, Malaysia pada 12/10/2017 kemarin. Ketiga negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Kesepakatan Subang ini dihasilkan setelah dua tahun perundingan menteri pertahanan masing-masing negara untuk merespons gangguan keamanan di Laut Sulu.

Kepala Pusat Komunikasi Publik TNI Brigjen Totok Sugiharto dilansiran Kompas.com- menyebutkan, bentuk kerja sama adalah mengintegrasikan patroli dan latihan darat sebagaimana tertuang dalam kesepakatan sebelumnya.

Kegiatan ini  memberikan jaminan keamanan bagi pengguna perairan di kawasan Laut Sulu, baik perdagangan, nelayan atau transportasi manusia, termasuk eksplorasi kekayaan alam.

Sekaligus mencegah adanya upaya internasionalisasi wilayah yang menjadi kepentingan bersama.

Kesepakatan ini juga untuk merespons fenomena kembalinya pejuang asing atauforeign fighters ke negaranya masing-masing usai ISIS digempur di Suriah dan Irak.

Permasalahan yang terjadi di wilayah teritorial itu , sebut Totok, harus diatasi oleh negara-negara yang berbatasan langsung.

Sebagai informasi Laut Sulu adalah sebuah laut besar di bagian barat daya Filipina, yang dipisahkan dari Laut China Selatan di barat laut oleh Palawan, dan dari Laut Sulawesi di tenggara oleh Kepulauan Sulu. Borneo ada di barat daya dan Visayas di timur laut.

(Giro,red)

Comments
0 Comments

0 comments :