Analisis Sentranews.com, Like Berita Tidak Sama Dengan Jumlah Pembaca

Dalam analisis sentranews.com  tentang berita terpopuler menunjukan bahwa jumlah menyukai pada Facebook (Fb)  suatu berita tidak sama dengan jumlah pembaca.

Analisis tersebut diambil dari 10 berita terpopuler sentranews.com. Terpopuler peringkat pertama, peringkat ke lima, dengan peringkat terakhir ke sepuluh tidak memiliki perbandingan yang signifikan.

Berita  terpopuler peringkat pertama per 9/11/2017 pukul 00.00 WIB berjudul, "Skenario Gubernur Nurdin Tamat 7 November ". Like FB hanya berjumlah 65 sedangkan pembaca mencapai 201 kali lipat dari like.

Berita terpopuler peringkat tengah, yaitu ke lima berjudul, " Takut Digulingkan, Nurdin Jurus 'Mabuk' di Pilwagub." Berita ini menunjukan perbandingannya menurun, likenya lebih banyak dari peringkat pertama. Like Fb menunjukan angka 142 sedangkan pembaca hanya 73 kali lipat dari like Fb.

Di waktu yang sama, terpopuler peringkat sepuluh  berjudul,"Diwarnai Manuver dan Intrim, Nasin Cawagub Agus Wibowo Ditentukan Mulai Besok, " memiliki perbandingan mendekati terpopuler peringkat pertama. Hanya mendapat like 55 sedangkan Pembaca sebanyak 158 kali dari like.

Menanjak Cepat dan Bertahan

Dari 10 berita terpopuler, yang melaju naik mendahului berita lainnya adalah berita peringkat pertama dan peringkat ke tiga berjudul, "Baloi Kolam, Pertarungan Penghuni dengan Pengincar Lahan."

Berita yang bertahan dalam 10 terpopuler adalah berjudul, " SBSI: Gubernur Kepri 'Merampok' Rakyat Untuk Memperkaya PLN Batam," dan "Modus Bela Negara Pengganti Ospek Telan Korban". Sebelumnya kedua berita ini menduduki peringkat terpopuler pertama dan ke dua.

Berita terpopuler adalah berita yang lebih banyak mendapat perhatian dari masyarakat.
"Ada keinginan tahuan masyarakat tentang hal tersebut. Termasuk awal dan akhir dari sebuah berita meskipun kejadian atau persoalan dalam berita itu tidak disukai," terang IT sentranews.com Priston Silalahi

"Uniknya, diluar berita terpopuler tidak ditemukan ada like tapi pembacanya lumayan banyak. Minimal ratusan Pembaca. Bahkan ada yang seribu dua ribuan," tutupnya.

Melihat analisis tersebut selaku pendiri, Simson Sigiro saat memimpin rapat redaksi mengungkapkan bahwa sentranews.com akan menata perwajahan dan rubrikasi yang simple dan praktis dalam waktu dekat. Penataan dirancang untuk kepuasan Pembaca, tanpa mengubah motto, "Satu Pelita Dalam Perbedaan."
(Red)

No comments

Powered by Blogger.