Sunday, November 5, 2017

Baloi Kolam, Pertarungan Penghuni dengan Pengincar Lahan

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Sunday, November 5, 2017    

Batam, sentranews.com

Persoalan lahan Baloi Kolam kembali mengemuka setelah ada upaya ilegal yang dilakukan pengincar lahan dengan menggunakan tangan pihak ke tiga.

Peristiwa itu terlihat dari pantauan sentranews.com sejak 4/11/2017 lalu dan sempat terdengar letusan senjata api. Kini semakin berkembang bahwa, masyarakat penghuni akan tetap melawan ketidakadilan dan kesewenang-wenangan.

Sebelumnya masyarakat Baloi Kolam telah kedatangan tamu tak diundang beberapa kali untuk tujuan yang kurang jelas, yang mengakibatkan warga resah dan saling mencurigai. Sehingga diadakan rapat umum warga 29/10/2017 lalu dengan mengundang Uba Ingan Sigalingging.

Ketua Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) yang juga anggota DPRD Batam, Uba Ingan Sigalingging mengungkapkan, bahwa pihak yang mendatangi warga Baloi Kolam bukan penerima alokasi lahan dari Badan Pengusahaan Batam.

"KPK saja mundur dari Baloi Kolam. Ini tantangan besar terkait kebijakan negara atas lahan," tegas Uba.

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun, kawasan Baloi Kolam masih berstatus hutan lindung, yang belum mendapatkan persetujuan DPR RI dan belum terbit Surat Keputusan Menteri Kehutanan tentang pengalih fungsian lahan Baloi Kolam.

Dilain sisi lahan Baloi Kolam sekitarnya telah dialokasikan Badan Pengusahaan Batam ke beberapa perusahaan. Pengalokasian tersebut dikarenakan desakan dari pengusaha dan pihak lainnya, serta keterbatasan lahan di Pulau Batam.

Baloi Kolam adalah lahan yang paling strategis di tengah perkembangan Batam sebelum dialokasikan hingga saat ini. WTP-nya tidak lagi memproduksi air bersih secara maksimal.

Sampai berita ini diturunkan, masyarakat sekitar Baloi Kolam bersama Gebrak  tetap melakukan perlawanan dan meminta perhatian negara yang pro rakyat  karena warga lebih dahulu menghuni dan memohon wilayah tersebut dibanding penerima alokasi saat ini. 

(Giro)

Photo, Rapat Umum Warga Baloi Kolam 29/10/2017 (Uba, baju kaos paling sudut arah jarum jam).

Comments
0 Comments

0 comments :