Monday, December 4, 2017

Konsistensi Acara Tahunan Raja Silahisabungan Se Dunia

Ditulis oleh: Redaksi sentranews.com     Monday, December 4, 2017    

Dairi, sentranews.com.

Pesta syukuran tahunan keturunan Raja Silahisabungan se dunia dipanitiai keturunan dari anak ke dua, Tungkir Raja di Silalahi Nabolak  Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi  Sumatera Utara, telah berlangsung dengan baik.

Hajatan besar yang digelar 3 hari, 24-26 November 2017 lalu disebut dengan "Partangiangan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahi Sabungan, Bolahan Amak Tungkir Raja."

Acara ini adalah wujud menghargai dan mengenang jasa para leluhur, perekat tali kasih persaudaraan sesuai pesan Raja Silahi Sabungan dalam Poda Sagu-Sagu Marlangan. Juga, momen doa bersama sekaligus   melestarikan adat dan budaya.

Panitia secara bergilir diberikan kepada Keturunan Raja Silahi Sabungan, mulai dari keturunan anak sulung Loho Raja- Tungkir Raja- Sondi Raja-Butar Raja- Dabariba Raja- Debang Raja- Batu Raja- Tambun Raja.

Pra acara dilakukan kegiatan olahraga dan pemberian bantuan alat pendidikan ke sekolah setempat, serta pemasangan penerangan seputar lapangan Tugu Makam Raja Silahi Sabungan (Tumaras).

Selain itu,  dilakukan juga kunjungan adat ke Tulang Padang Batang Hari- Nairasaon (tetap), dan hula-hula Situmorang mertua Tungkir Raja (bergantian dari marga mertua anaknya)

Paska Tungkir Raja, Panitia bulan November tahun 2018 adalah keturunan putra ke 3 Raja Silahi Sabungan,  Sondi Raja. Hula-hulanya Siboro.

Hajatan tersebut adalah agenda tahunan yang telah berlangsung selama 37 tahun.

Untuk pertama kalinya perayaan 2017 ini, keturunan Silahi Sabungan mendapatkan dua penghargaan rekor dunia Museum Republik Indonesia (MURI), berupa pesta tahunan yang konsisten berkelanjuntan dan makan sirih terbanyak.

Kegiatan adat dan ritual yang konsisten dilakukan adalah berupa serah terima kepanitiaan, ulaon hahomion (doa khusus kepada Mulajadinabolon/TUHAN), ziarah, manguras dan mamantom horbo (membersihkan dan menyembelih kerbau). Juga, memainkan dan melantukan gondang 33 dan makan makanan si pitu dai (tujuh rasa).

Hal tersebut disampaikan Jopen Situngkir,  Panitia Bidang Humas dan Publikasi Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahi Sabungan, Bolahan Amak Tungkir Raja 2017.

Sebagai informasi prosesi kegiatan adat dan ritual tersebut akan diterbitkan di sentranews.com dalam waktu dekat ini.

(Red)

Comments
0 Comments

0 comments :