Indonesia Anggota DKTT PBB 2019-2020

Newyork, SENTRAnews.com-

Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa (DKTTPBB) pada rapat Majelis Umum PBB, setelah terpilih empat negara lainnya.

Keempat negara tersebut yakni  Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika. Rapat Majelis Umum PBB pada 8/6/2018 menentukan sebagai anggota DKTT aktif mulai 1 Januari 2019, untuk masa jabatan selama dua tahun hingga akhir 2020 mendatang.

Indonesia, Republik Dominika dan Afrika Selatan merupakan negara yang terpilih untuk pertamakalinya bertugas sebagai anggota DKTTPBB. Sedangkan Jerman, menurut lansiran kompas.com-, sudah enam kali terpilih.

Menjelang keputusan Majelis Umum PBB, saingan terberat perolehan suara Indonesia menempati posisi ke lima adalah Maladewa, sementara empat negara lainnya lolos tanpa perlawanan.

Kelima negara yang terpilih  akan menggantikan anggota DKTT Swedia, Belanda, Etiopia, Bolivia dan Kazakhstan yang menjabat sejak 2017, akan habis masa tugasnya pada akhir 2018 mendatang.

Dewan Keamanan PBB terdiri dari lima anggota tetap, yakni AS, Rusia, China, Inggris dan Perancis, serta sepuluh anggota tidak tetap yang menjabat selama dua tahun.

Setiap tahun Majelis Umum PBB memilih lima negara melalui pemungutan suara tertutup.

(Redaksi)

No comments

Powered by Blogger.